Advertisements

2015-08-19

Android 6.0 Marshmallow Resmi Dirilis Google

Advertisements
Advertisements
Android Marshmallow - Akhirnya perusahaan raksasa Google merilis label resmi untuk Android 6.0 yaitu Android Marshmallow, dimana sistem operasi ini tak lain adalah regenerasi dari Android Lollipop (Android 5.0). Selain pergantian nama yang dilakukan, google juga menyamatkan sejumlah fitur terbaru dan misalnya mode penghematan baterai, dukungan pemindai sidik jari, dan izin penggunaan aplikasi model baru.

Nama Android 6.0 ini tersebar ketika Vice President of Engineering Android, yakni Dave Burke mengupload sebuah foto patung robot hijau di Internet. Seperti biasa, patung yang dipajang tersebut memang merupakan ikonik sesuai dengan tema yang sedang diusungnya, dan ternyata robot ijo tersebut nampak sedang menggenggam marshmallow.
Kabar baiknya lagi buat semua para pihak developer, bagi yang ingin mengoptimalkan atau mengembangkan aplikasi mereka sudah dapat mengunduh final preview Android Marshamallow pada situs yang tersedia.

Pada Mei tahun ini sebelumnya, Pihak Google sudah resmi mempublikasikan beragam fitur yang disematkan di dalam Android tersebut. Namun hanya saja waktu itu labelnya masih dirahasiakan dengan simbol "M" saja.

Fitur-fiturnya yang disematkan antara lain berupa penguatan sistem keamanan, sehingga para pengguna dapat menentukan pilihan untuk menolak ataupun menerima permintaan akses keamanan dari berbagai aplikasi yang ingin dipasang ke perangkatnya.

Aplikasi yang telah dipasang ke ponsel, maka tidak akan dapat sembarangan mengambil informasi lokasi atau kamera yang menjadi bawaan dari OS Marshmallow ini, tanpa mendapatkan izin terlebih dulu dari sistemnya.

Hebatnya lagi, pihak Google memperbarui pula peramban Chrome dengan fitur yang dilabeli Custom Tabs, dimana fitur ini akan berguna bagi para pengembang aplikasi, sehingga nantinya bisa menyematkan halaman web ke aplikasi mereka.

Selain itu, juga terdapat fitur bernama Doze, yakni sebuah pengelola daya yang digunakan oleh setiap ponsel. Misalnya, bila ponsel sedang tidak digunakan sama sekali, maka mode Doze akan secara otomatis mematikan aplikasi yang aktif/sedang berjalan.

Keistimewaan Android Marshamallow yang lain juga dibekali dengan support terhadap pemindai sidik jari, pengendalian volume yang sederhana serta didukungan untuk USB tipe C. Hebat kan?

Demikianlah ulasan tentang Android 6.0 Marshmallow yang dapat kami informasikan kepada Anda, semoga bisa memberikan pengetahuan lebih update terbaru tentang dunia android. Let's keep smart and better!!!
Android 6.0 Marshmallow Resmi Dirilis Google Rating: 4.5 Posted By: Mun`im El-Baihaki